Selasa, 31 Januari 2023

Membuat Grafik Garis (line) dengan RStudio

 

Jika sudah memahami data yang akan dimaksukkan maka kita bisa mulai dengan grafik. Grafik adalah salah satu dalam penyajian data yang dapat kita bisa gunakan untuk menyingkat data. Dalam grafik kita bisa untuk menjelaskan dalam waktu yang singkat. Lain halnya dengan tabel yang perlu membutuhkan untuk meleiti satu persatua sehingga kita bisa menarik kesimpulan. GRafik dalam RStudio banyak sekali karenanya kita berkreasi dengan grafik tersebut. 


GRafik penting dalam statistik karena ia adalah sarana atau wahana yang dapat menyampaikan dari hasil pengolahan data yang kita lakukan.

Dalm grafik ada bagian yakni grafik data dan judul dalam perangkat lunak Rstuido kita dapat juga untuk membuat. Secara sederhana kita dapat membuat grafik dari Vector juga (baca Struktur data R). Bisa juga dalam data frame untuk dibuatkan grafik. 


Berikut ini dibawah adalah jenis grafik yang digunakan dalam pengolahan data statistik. Berikut ini adalah grafik

Untuk membuat grafik kita buat terlebih dahulu vector.  Saya ambil contoh tembakan roket ke Ukraina di sebuah kota (data fiktif)

 

> roket=c(2,3,5,6,7,10,13,3,4)

> plot(roket)

Hasilnya seperti ini

 

Dalam contoh ini saya belum menetapkan apakah maksud dari tabel karena ada judul dibawah index.

Scatter chart

Description automatically generated

Tipe dari grafik ini polot yang berupa bulataan seperti kecil . Jika mau memberi garis maka bisa kita gunakan seperti ini.

> plot(roket,type="o",col="blue")

> title=(main="Jumlah Roket Jatuh",col.main="red",font.main=4)

> title(main="Jumlah Roket Jatuh",col.main="red",font.main=4)

Chart, line chart

Description automatically generated

GRafik ini adalah grafik yang sederhana dan namanya grafik garis karena yang menunjukkan angka tersebut disambung dengan garis. Untuk grafik garis yang paling cocok adalah data time series karena hal itu mengambarkan data yang berkembang dari waktu ke waktu. Tentu masih banyak lagi grafik yang bisa kita gunakan seperti halnya grafik batang:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat diagram scatter

 Untuk mengetahui hubungan antara dua variabel baik antara variabel dependend dan independen maupun variabel independen adalah menggunakan s...